Tuesday, August 9, 2016

PACENTAN

Desa Pacentan merupakan desa yang terletak di daerahdataran tinggi, sebagian besar lahannya adalah tanah tegal (tanah kering)  yaitu tanah pertanian yang hanya bisa ditanami  tanaman jagung dan kacang. Sedangkan pada musim hujan tanah tegal tersebut sebagian ditanami  tanamanpadi. Selanjutnya dari salah satu sumber yang didapat penulis,nama Pecentan sendiri diadopsi atau diambil dari bahasa Madura yaitu “Pejentan” yang berarti Laki-Laki, asal muasalnya nama tersebut tidak ditemukan penulis di berbagai sumber saat melakukan penelusuran mengapa desa pecentan berasal dari kata Pejentan tetapi para narasumber menyebutkan kata pecentan berasal dari kata Pejentan tanpa mereka tahu sebabnya . oleh karena itu penulis memiliki beberapa asumsi mengenai hal ini :

Pertama ,berdasarkan fakta sejarah dahulu kala desa pacentan merupakan pusat pembelajaran entah itu kanuragan atau yang lainnya dimana muridnya berasal dari berbagai desa lain dan mayoritas yang berguru adalah laki-laki, karena banyaknya laki-laki yang datang ke desa maka desa tersebut sehingga disebut Pejentan atau desanya laki-laki.

Kedua,berdasarkan salah satu tempat wisata religi di desa Pacentan ditemukan salah satu sumur kramat  yaitu sumur sambiyan yang konon katanya sejak zaman dahulu hanya boleh digunakan oleh kaum laki-laki saja dan mungkin dengan alasan ini desa tempat sumur sambiyan disebut pejentan.

Ketiga, berdasarkan wawancara dengan salah satu siswi yang menyebutkan bahwa dikelasnya rasio antara laki-laki dan perempuan lebih banyak laki-laki, dari alasan tersebutdesa ini disebut sebagai desa Pejentan atau desanya laki-laki karena banyaknya laki-laki di desa.

No comments:

Post a Comment