Tuesday, August 9, 2016



Pemanfaatan Potensi Kacang Tanah Desa Pacentan

1. Produk Utama
Bumbu Sate Instan 
Selai Kacang
Brownis Kacang
Coklat Kacang

Dengan datanganya kuliah kerja nyata (KKN) di desa pacentan pada bulan juli 2016 merupakan pengalaman pertama bagi teman – teman KKN karena kita terdiri dari jurusan yang berbeda dan berkumpul menjadi 1 kelompok  . dengan program – program yang telah di diskusikan oleh klompok kami salah satunya yaitu pembuatan "Bumbu Sate Instan" yang memanfaatkan hasil pertanian desa pacentan yang berupa kacang tanah. Selain bumbu sate instan, ada juga olahan dari kacang tanah sebagai produk pendukung yaitu selai kacang, brownis kacang, dan coklat kacang.
Sosialisasi pembuatan bumbu sate instan merupakan kegiatan kelompok kami yang di lakukan untuk membagikan ilmu kepada masyarakat mengenai peningkatan hasi pertanian menjadi olahan yang unik dan bergizi . Karena melihat kondisi masyarakat yang ada di desa Pacentan dimana hasil pertanian yang dihasilkan kurang dapat dimanfaatkan dengan baik. Adapun kegiatan – kegiatan  yang di lakukan dalam sosialisasi tersebut yaitu :

     a.    Pembuatan Bumbu Sate Instan
 
Sosialisasi pembuatan bumbu sate instan di lakukan di teras halaman rumah bapak klebun / kades desa pacentan , dengan langsung praktek cara pembuatannya mulai dari menyiapkan bumbu ,alat dan bahan . setelah itu masyarakat memasak dengan dibimbing oleh kelompok KKN 91

Proses Persiapan alat dan Bahan

Proses Menyangrai kacang Tanah
Proses Mengulek Kacang Tanah 

     b.  Pengemasan dan Pemasaran Bumbu Sate Instan

Kemasan dapat didefinisikan sebagai seluruh kegiatan merancang dan memproduksi wadah atau bungkus atau kemasan suatu produk. Kemasan meliputi tiga hal, yaitu merek, kemasan itu sendiri dan label.untuk kemasan bumbu sate instan sendiri kelompok kita menggunakan plastik mika .
Untuk strategi pemasaran yang akan  kita lakukakan yaitu menawarkan produk kita ke setiap toko yang ada di tanah merah dengan tujuan untuk memperkenalkan produk kita di daerah sekitar pacentan. Untuk selanjutnyakita akan membuka stand di daerah luar Madura (Surabaya) karena produk yang kita buat ini ( bumbu sate instan) merupakan makanan khas dari daerah Madura sehingga kita perlu memasarkan produk di luar daerah madura. Pemasaran yang kita lakukan juga menggunakan media sosial sepeti (facebook, BBM, Instagram) dengan tujuan bisa menjangkau masyarakat yang lebih luas.
 




No comments:

Post a Comment